Latihan Khusus Bagi Orang yang Suka Tidur Mendengkur

Latihan Khusus Bagi Orang yang Suka Tidur Mendengkur – Tidur mendengkur bisa terjadi kepada siapa saja. Dari anak kecil hingga orang dewasa. Baik wanita mupun pria. Baik yang gemuk maupun yang bertubuh kurus. Sebab pada dasarnya tidur mendengkur adalah kebiasaan akibat metabolisme dan gaya hidup yang tidak sehat.

Suara yang keluar dari orang yang tidur mendengkur memang mengganggu. Apalagi bagi Anda yang memiliki pasangan yang biasa melakukan dengkuran saat tidur. Susah tidur nyenyak hingga terjadinya pertikaian berujung perceraian bisa disebabkan karena gaya hidup aneh ini. Lalu bagaimana kebiasaan ini menghinggapi Anda? Meski sebenarnya Anda sendiri tidak menginginkannya.

Yang pasti gaya hidup tidak sehat harus segera Anda hindari, seperti merokok dan kurang olah raga. Namun jika hal itu tidak dilakukan dan tetap saja mendengkur saat tidur, maka tidak ada salahnya mengikuti cara-cara khusus berupa latihan seperti berikut ini. Dan latihan ini seputar pada area kerongkongan sebagai tempat keluar masuknya udara dan tempat pita suara berada.

Tahap latihan untuk menghentikan kebiasaan mendengkur

  1. Latihan kerongkongan seperti menghela nafas dalam-dalam, kemudian keluarkan secara perlahan dalam hitungan 1 sampai 8. Lakukan berulang-ulang.
  2. Carilah tempat terbuka dan luas, seperti lapangan, bukit dan area yang jauh dari pemukiman, lalu teriaklah sekeras-kerasnya.
  3. Ucapkan vocal a-i-u-e-o dengan keras. Lakukan selama beberapa menit dan berulang-ulang.
  4. Letakkan ujung lidah tepat di belakang gigi depan dengan cara menyentuhkannya. Lalu gerakkan lidah tersebut ke depan dan ke belakang selama beberapa menit.
  5. Tutup mulut dan bibir dilipat, kemudian tahan dalam posisi seperti ini selama kurang lebih 30-60 detik.
  6. Buka mulut selebar-lebarnya, lalu gerakkan rahang ke kiri selama beberapa detik, kemudian ke kanan juga dalam hitungan yang sama.
  7. Sekali lagi buka mulut, lalu tahan dengan kontraksi otot tepat di belakang kerongkongan. Lakukan selama beberapa detik. Kontraksi ini akan menimbulkan semacam bola gantung di balik kerongkongan.

Lakukan latihan tersebut beberapa kali dalam sehari. Mudah-mudahan dengan rutin melakukannya, permasalahan tidur mendengkur akan segara teratasi.

Demikian latihan khusus untuk mengatasi tidur mendengkur yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *