Inilah Dampak Buruk yang Terjadi Jika Anda Salah Memakai Sepatu

Inilah Dampak Buruk yang Terjadi Jika Anda Salah Memakai Sepatu – Boleh dibilang, anggota badan yang paling banyak beraktifitas dan memerlukan kekuatan otot adalah kaki. Kaki tidak saja untuk berjalan dan berlari, namun kaki adalah bagian tubuh utama sebagai penopang tubuh secara keseluruhan. Akan tetapi sayangnya, justru bagian tubuh ini jarang sekali dirawat akan kesehatannya. Padahal sangat penting fungsinya.

Jika berbicara seputar kaki, maka tidak akan lepas dengan yang namanya sepatu. Ibaratnya, kaki adalah murnya dan sepatu adalah bautnya. Keduanya saling melengkapi fungsinya masing-masing. Selain sebagai pelindung kaki, sepatu bisa pula sebagai sarana untuk menambah penampilan. Sepatu yang cantik dan menarik, akan dapat menambah kepercayaan diri yang memakainya.

Akan tetapi, dibalik fungsi dan manfaat sepatu bagi kaki, ada pula masalah yang muncul karenanya. Kebanyakan karena cara pemakaian sepatu yang tidak benar. Sehingga timbul rasa sakit dan luka di kaki. Lalu cara yang seperti apa yang bisa membuat kaki bisa sakit dan terluka? Simak penjelasan berikut.

Cara yang salah dalam memakai sepatu

Ukuran sepatu

Ukuran sepatu meski diperhatikan sepanjang waktu. Sebab makin lama, ukuran telapak kaki pun juga akan makin melebar. Sehingga dibutuhkan ukuran sepatu yang lebar pula. Jika sudah terlalu kecil, maka peluang sakit dan luka akibat kesempitan pasti akan terjadi.

Ujung kaki

Pastikan antara ujung kaki dan ujung sepatu terdapat ruang kosong untuk pergerakan dan sirkulasi. Jika tidak, dampak buruk seperti lecet di ujung kaki pasti akan terjadi.

Tekstur bahan sepatu

Tekstur sepatu yang keras akan berdampak pada pengapalan pada bagian kaki. Entah pada telapak kaki, benjolan di mata kaki atau justru pertumbuhan kuku kaki yang tidak normal.

Alas kaki

Sebaiknya gunakan sepatu yang memiliki alas kaki yang tidak terlalu tipis. Sebab akan mempengaruhi punggung kaki yang senantiasa bergerak untuk mengatur ritme otot di dalamnya. Jika dibiarkan terus-menerus, maka akan terjadi radang pada bagian tumit.

Sepatu usang

Fungsi sepatu untuk melindungi kaki tidak bisa lagi dipenuhi oleh sepatu yang sudah terlalu lama dipakai. Usahakan menggantinya yang baru. Memang tidak ada parameternya harus mengganti sepatu tiap berapa kali dalam setahun. Akan tetapi paling tidak jika sepatu sudah mulai terlihat usang dan layak diganti, segeralah menggantinya.

Mengingat fungsi sepatu yang besar, maka tidak ada salahnya jika mengeluarkan budget guna mendapatkan sepatu yang sesuai dan pantas untuk melindungi kaki.

Demikian penjelasan seputar cara salah dalam memakai sepatu yang bisa berakibat buruk pada kondisi dan kesehatan kaki. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *