Hati-hati, Bahaya ini Mengancam Anda Jika Mengkonsumsi Masakan Sisa Semalam

Hati-hati, Bahaya ini Mengancam Anda Jika Mengkonsumsi Masakan Sisa Semalam – Termasuk cara sehat yang baik dan rutin Anda lakukan adalah memasak sendiri makanan untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan memasak sendiri, secara otomatis bisa mengatur dan mengontrol bahan-bahan apa saja yang disajikan. Beda halnya jika masakan tersebut adalah hasil membeli di tempat sayur atau resto. Tentunya kandungan bahan berbahaya yang dipakai untuk penyedap masakan tidak bisa kita kontrol.

Namun adakalanya, masakan yang kita buat ternyata tidak habis dimakan dalam sehari. Artinya masih ada sisanya. Jika dimakan terlalu banyak, dan sayang kalau dibuang. Biasanya masakan sisa tersebut kemudian disimpan ke dalam almari es atau dipanaskan terlebih dahulu kemudian ditutup rapat. Lalu dikonsumsi lagi keesokan harinya.

Sepintas, hal tersebut tidak ada masalah. Cita rasa masakan juga masih enak dan tidak berkurang kelezatannya. Akan tetapi, jika diteliti lebih dalam, ternyata kita wajib waspada akan bahaya jika tetap terus-menerus makan hasil masakan sisa kemarin. Apa saja bahaya itu? Silakan menyimak ulasan berikut.

Bahaya masakan sisa semalam

Keracunan

Keracunan adalah bahaya paten seputar masakan sisa. Sebab, paling tidak masakan sisa tidak bisa terjamin akan kebersihannya. Kemungkinan muncul jamur bahkan racun di dalamnya. Dan juga bakteri yang bisa hadir pada suhu tertentu di dalam maksakan sisa.

Diare

Diare dan gangguan pencernaan lainnya adalah dampak buruk dari makan masakan sisa. Terutama masakan yang sudah berganti tekstur dan warna serta berbau basi dan berasa masam. Sebab ada kemungkinan telah ditumbuhi bakteri yang tidak baik di dalamnya.

Asam lambung

Asam lambung dikarenakan sering makan masakan yang telah beraroma masam dengan kandungan pHnya rendah. Sehingga keluhannya hanya menunggu waktu saja. Dan jangan lupa, naiknya asam lambung bisa berakibat sakit maag.

Muntah

Bakteri yang bersarang di dalam masakan sisa bisa membuat Anda langsung merasa mual. Dan jika terdapat racun, bisa jadi Anda langsung bereaksi muntah-muntah.

Nyeri perut

Pembentukan gas yang terjadi di dalam perut setelah makan masakan sisa berakibat pada kontaksi usus di dalam perut yang tidak terkendali. Akibatnya, perut akan sakit diserta nyeri yang melilit.

Demam

Sakit demam muncul akibat terjadinya peradangan dalam tubuh. Sehingga suhu tubuh mudah naik. Segera hubungi dokter untuk mendapatkan penjelasan yang benar. Mudah-mudahan bukan kondisi yang kritis.

Bagaimana, apakah masih ingin makan masakan sisa? Sebaiknya mulai sekarang Anda berhati-hati dan ekstra waspada mengenai hal ini. Solusi terbaik adalah, masaklah sesuai porsi untuk satu haru. Kemudian keesokan harinya buat masakan baru lagi.

Demikian bahaya yang mengancam jika tetap mengkonsumsi masakan sisa semalam. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *