Enam Hal yang Bisa Anda Lakukan Bersama Pasangan Agar Tidak Terjadi Keguguran

Enam Hal yang Bisa Anda Lakukan Bersama Pasangan Agar Tidak Terjadi Keguguran – Menanti kehadiran si buah hati, ibarat menyimpan impian dalam hidup. Saat si kecil lahir, tertumpahlah semua kenikmatan yang dimiliki. Seakan-akan hanya si kecillah nikmat yang sesungguhnya.

Akan tetapi, terkadang harapan tidak sesuai bayangan. Dan impian memiliki si buah hati menjadi sirna tatkala sering mengalami keguguran yang berulang-ulang. Memang tidak serta merta frekuensi seringnya mengalami keguguran menjadi dampak pasti sulit memiliki anak, namun demikian paling tidak peluang dan kesempatan selanjutnya untuk melahirkan akan makin sulit.

Sehingga, ada baiknya mencegah sedini mungkin hal-hal yang bisa memicu terjadinya keguguran. Untuk itu, tips berikut bisa Anda coba untuk meminimalisir terjadinya keguguran.

Tips untuk mencegah keguguran

Kebersihan

Utamakan kebersihan di lingkungan rumah. Jangan sampai terdapat tempat yang menjadi sarang bertumpuknya polusi dan bahan-bahan yang berbahaya, seperti zat kimia yang bisa mengurangi kekebalan tubuh akan penyakit. Bahan-bahan seperti disinfektan, asap rokok, cairan cat dan lain-lain sebaiknya dihindarkan dari dalam rumah.

Mental

Periode ibu hami adalah masa dimana perubahan mendasar akan terjadi. Selain hormon, mental juga sering menjadi masalah. Sehingga, Anda sebagai suami, luangkan waktu untuk sering berkomunikasi dengan istri dan buat ia merasa nyaman dalam kondisi apapun.

Istirahat

Istirahat adalah faktor selanjutnya yang berdampak besar pada terjadinya keguguran. Luangkan waktu untuk istirahat lebih dari cukup jika Anda sudah terdeteksi hamil di awal kehamilan.

Suplemen alami

Konsumsi secara rutin herbal seperti habbatus sauda yang biasa dijual di took-toko herbal. Hal ini dilakukan untuk menambah keklebalan tubuh. Lalu tidak lupa pula mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran yang kaya akan anti oksidan.

Suntik

Lakukan suntikan hormon progesterone sebelum masa kehamilan. Karena biasanya, keguguran terjadi salah satunya dikarenakan kekurangan hormon ini. Konsultasikan dengan dokter Anda.

Kafein

Bagi Anda kaum pria, sementara kurangi dulu konsumsi kopi yang berlebihan. Sebab zat kafein yang terkandung di dalamnya tidak baik untuk masa kehamilan. Apalagi bagi istri, jangan sampai minum kopi.

Sebenarnya tidak mudah untuk melakukan tips di atas. Semua tergantung kita sendiri. Bagaimana mengaturnya. Dan tentu saja tidak lupa untuk terus beribadah dan berdoa agar segera mendapatkan momongan.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengantisipasi terjadinya keguguran. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *