Deretan Kebiasaan Buruk yang Tidak Baik Bagi Sistem Metabolisme Tubuh

Deretan Kebiasaan Buruk yang Tidak Baik Bagi Sistem Metabolisme Tubuh – Semua makhluk hidup, termasuk manusia memiliki sistem metabolisme di dalam tubuhnya. Sebuah proses kimia dalam tubuh yang sangat penting untuk kehidupannya. Dan sistem metabolisme ini sangat sensitif terhadap zat atau bahan apapun yang masuk di dalamnya. Jika baik, maka akan berdampak baik pula dalam pertumbuhan manusia. Dan berlaku sebaliknya.

Maka, jika proses di dalam sistem metabolisme ini terganggu, proses di dalam tubuh yang lain pun juga ikut terganggu. Sehingga tidak boleh diabaikan begitu saja. Akan tetapi, justru kita sering melakukan kebiasaan buruk yang tidak baik bagi sistem metabolisme ini. Apa saja kebiasaan buruk itu? Berikut penjelasannya.

Kebiasaan buruk yang tidak baik bagi sistem metabolisme tubuh

Kurang tidur

Kurang tidur, terutama tidur malam akan menurunkan fungsi organ tubuh. Selain itu bisa mempengaruhi homeostasis metabolic yang tidak bagik bagi sistem metabolisme tubuh. Kurang tidur juga bisa menaikkan berat badan dan beresiko terkena obesitas.

Kurang cairan

Cairan sangat penting untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Jika kekurangan cairan, kemampuannya akan menurun. Selain itu akan muncul masalah dalam pencernaan. Maka perbanyaklah minum air putih, terutama di siang hari agar terhindar dari dehidrasi.

Kafein berlebihan

Konsumsi kafein yang berlebihan dapat menimbulkan nafsu makan yang berkurang. Akibatnya, jadwal makan tidak teratur. Tentunya tidak baik untuk keseimbangan metabolisme tubuh. Batasi minum minuman berkafein dalam sehari.

Tidak makan yogurt

Yogurt sangat baik untuk metabolisme tubuh. Sebab di dalamnya terkandung banyak kalsium yang bisa menekan jumlah lemak yang tidak baik. Sehingga baik pula untuk mengontrol berat badan.

Kurang olahraga

Tubuh memerlukan gerak fisik untuk meningkatkan sistem metabolisme. Maka sisihkan waktu untuk sekedar berolah raga meski sederhana, misal jalan kaki atau lari pagi.

Kacang

Konsumsi kacang-kacangan juga baik untuk metabolisme tubuh. Sediakan camilan kacang di sela-sela kesibukan Anda. Namun jangan sampai berlebihan.

Baiklah, demikian beberapa aktifitas kurang baik yang dapat menurunkan sistem metabolisme tubuh. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *