Cek Kebenaran Fakta Menarik Seputar Insomnia

Kebenaran Fakta Menarik Seputar Insomnia – Insomnia atau gangguan sulit tidur kini banyak dihinggapi oleh kabanyakan orang. Beragam sebab diungkapkan mengenai alasan kenapa seseorang bisa menderita sindrom ini. Selain penyakit, tuntutan dan gaya hidup serta stress adalah beberapa penyebab insomnia.

Pada awalnya, insomnia tampak menarik dijalani. Masih tetap bisa beraktifitas meski banyak orang yang terlelap dalam tidurnya. Namun seiring berjalannya waktu, kesulitan tidur menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Lelah, capek, kurang darah dan sebagainya adalah efek karena insomnia ini.

Untuk mengatasi gangguan insomnia ini, beragam informasi telah dikaitkan dengannya. Sehingga muncul kesalahan-kesalahan dari fakta yang sebenarnya pada insomnia ini. Selengkapnya, silakan simak kebenaran fakta menarik seputar gangguan insomnia ini.

Fakta seputar insomnia

Menatap layar monitor

Banyak yang berpikir bahwa dengan cara menatap monitor, televisi, layar handphone akan memudahkannya untuk segera tidur. Tetapi faktanya justru sebaliknya, menatap layar dan juga disertai dengan suara yang ada akan menurunkan kadar melatonin di dalam otak. Dan zat inilah yang dapat memicu kita mudah tertidur lelap.

Pil tidur

Salah satu cara paling populer untuk menghentikan gangguan insomsia ini adalah dengan minum pil tidur. Dan banyak yang menganggap bahwa pil tidur ini tidak memiliki resiko. Memang tidak salah, jika pil tidur lebih aman dibanding obat kimia lainnya. Akan tetapi, justru ketergantungan dan kecanduanlah yang wajib diwaspadai. Seseorang yang telah biasa minum pil tidur sebelum benar-benar tidur, akan merasa kesulitan jika tidak meminumnya terlebih dahulu. Padahal cara lain selain harus minum pil tidur sebenarnya masih ada, dan lebih aman dari sekedar ketergantungan obat-obatan.

Pola tidur

Ada yang berpikir, bahwa waktu tidur bisa diganti di lain waktu. Misalnya tidur seharian penuh di akhir pekan untuk menggantikan kekurangan jatah tidur selama seminggu. Hal ini salah. Sebab akan terjadi pola tidur yang tidak sehat.

Tidur siang

Fakta lain disebutkan, bahwa tidur siang tidak akan berpengaruh untuk menghilangkan gangguan insomnia. Justru sebaliknya, tidur siang makin menambah sulitnya tidur pada malam harinya.

Bagaimana menurut Anda, pernahkah Anda juga memiliki pandangan salah yang mirip dengan fakta di atas?

Semoga informasi seputar kebenaran fakta dibalik insomnia ini dapat menambah referesi yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *