Cara Alami dan Ampuh Memusnahkan Kutu Rambut

Cara Alami dan Ampuh Memusnahkan Kutu Rambut – Kepala adalah bagian paling atas dan paling utama manusia. Pada bagian ini terdapat banyak hal dan komponen yang wajib diperhatikan dan dijaga kesehatannya. Diantara bagian kepala yang perlu dirawat selain wajah, mata, mulut dan telinga adalah rambut dan kulit kepala.

Penampilan seseorang terkadang ditunjang dengan indahnya rambut. Rambut bersih, rapi dan tanpa ketombe adalah hal paten yang wajib dimiliki. Namun, jangan salah sangka, bahwa di dalam rambut juga ada yang harus diperhatikan. Apa itu? Benar, kutu rambut.

Kehadiran kutu rambut di kepala sangat menjengkelkan. Rasa gatal dan cenderung tampak kusam akibat banyaknya kutu di kepala. Dampak yang paling buruk adalah rusaknya jaringan kulit kepala hingga muncul luka bernanah. Hal ini tentunya menjijikkan jika tetap terjadi di kepala kita.

Biasanya, kutu rambut sering menghinggapi anak-anak, meski orang dewasa pun juga bisa mengalaminya. Akan tetapi gaya hidup anak-anak yang memudahkan kutu makin betah di dalam kulit kepala. Jika hal ini terjadi pada anak Anda, atau adik Anda atau bahkan Anda sendiri, jangan terlalu khawatir. Sebab ada bahan-bahan alami yang bisa digunakan dan ampuh untuk mencegah munculnya kutu rambut tersebut.

Cara dan bahan alami pencegah kutu rambut

Lidah buaya

Bahan alami paling populer adalah lidah buaya. Sebab banyak sampo kini telah menggunakannya sebagai bahan pokok pembuatannya. Secara khusus, lidah buaya memiliki kandungan zat alami yang dapat mengurangi rasa gatal di kepala. Cara penggunaannya adalah dengan membelah lidah buaya. Lalu ambil getahnya dan oleskan secara merata di rambut dan kulit kepala. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih. Selain bersih, rambut akan terbebas dari kutu dan telurnya.

Evening primrose

Pernah dengar tanaman ini? Ya, tanaman ini adalah sejenis bunga yang hanya diperoleh di daratan Amerika Selatan. Minyak alami yang terkandung di dalamnya sangat ampuh untuk memberatas hama, serangga, kutu dan dapat menghilangkan rasa gatal di kepala. Jika Anda memperoleh bunga ini, oleskan saja secara perlahan di kulit kepala. Lalu pijit-pijit agar merasuk. Kemudian untuk mendapatkan hasil yang maksimal, biarkan selama semalam. Dan esoknya silakan dibilas dengan air bersih.

Bawang bombay

Selain sebagai bahan bumbu dapur yang nikmat, bawang Bombay juga ampuh untuk menangkal kutu rambut. Caranya sangat mudah. Belah atau iris bawang tersebut, lalu oleskan ke bagian kulit kepala. Khasiatnya akan terasa juga pada kulit kepala yang makin lembab dan lembut.

Demikian bahan-bahan alami yang bisa Anda coba untuk membasmi kutu rambut. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *