Masa Depan Dan Perkembangan Sistem

Dalam suatu laporan yang disampaikan ITU tentang internet, dikemukakan bahwa: bagaimana teknologi dapat menjadikan gaya hidup baru mulai dari penyiapan prasarana dan sarana jaringan, hingga nilai-nilai berkreasi. Dalam kehidupan kita sekarang ini telah banyak dilingkupi dengan teknologi digital sebagai media yang dapat mengubah cara pandang hidup manusia. Inilah yang dikatakan sebagai gaya hidup digital.

Pada masa mendatang, perkembangan yang pesat dalam teknolgi digital yang meliputi semua aspek, maka bidang telekomunikasi juga akan mengikuti perubahan. Upaya-upaya baru diciptakan untuk membantu manusia untuk mempermudah dalam menjalankan berbagai kegiatannya. Di antaranya, dalam hal pengolah data dan penyediaan sarana prasarana telekomunikasi guna mengirimkan data pada berbagai keadaan dan wilayah.

Perkembangan sistem telekomunikasi di masa depan ditandai dengan adanya jaringan dalam rumah tangga (home networking). Jaringan ini menghubungkan semua jenis penerapan piranti elektronika seperti: piranti hiburan, telekomunikasi, sistems otomatisasi rumah, dan telemetri (remote control dan sistem pemantauan/monitoring). Dengan penerapan jaringan ini kita mengetahui bahwa: akan terjadi penggunaan teknologi yang cukup berbeda, karena itu perlu adanya standar yang dapat saling memungkinkan didalam kerja antar peralatan dari perusahaan yang berbeda. Inilah yang dapat menjadi kunci sukses pemasaran konsep tersebut.

Badan telekomunikasi dunia telah merekomendasikan bidang itu, khususnya yang berkaitan dengan pelayanan multimedia berbasis protokol internet melalui jaringan kabel. Program-program yang kini menjadi pembicaraan, di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Status jaringan rumah tangga secara tingkat dunia.
  • Teknologi dan arsitektur.
  • Layanan jaringan rumah tangga dan model bisnisnya.
  • Manajemen undang-undang digital dan keamanan.
  • Layanan kualitas dalam jaringan rumah tangga.
  • Interferensi elektromagnetik dan lingkungan rumah tangga.
  • Masa depan jaringan rumah tangga, usaha, dan tantangan.


Pada gambar 1.13. di atas dapat kita bayangkan betapa rumitnya menggabungkan berbagai komponen dalam sistem peralatan rumah tangga dalam satu jaringan. Kita bisa melihat sistem telepon, sistem telefaks, sistem alarm, video, televisi, audio, dan lainya saling tersambungkan. Pada masa mendatang inilah yang menandai adanya keterpaduan sistem, baik dalam bidang elektronika, sistem digital, maupun sistem telekomunikasi.

Perkembangan masa depan yang terkait dengan telekomunikasi itu merupakan keterpaduan jaringan yang saat ini masih bisa dipisahkan. Jaringan yang dikembangkan akan dikenal sebagai Next Generation Networking, atau disingkat NGN.

Teknologi komunikasi kita pada masa mendatang akan "Mudah dan Murah". Selain itu, kita nanti bisa menentukan kode area masing-masing, misalnya: untuk kantor, rumah , bahkan nomor telephone itu bisa kita buat sendiri (misal nomor favorit kita bahkan tanggal lahir). Saat ini nomor telepon ditentukan oleh operator telekomunikasi dengan menggunakan kode area, misal: 021 untuk Jakarta, 022 untuk Bandung, 0274 untuk Yogyakarta, dan seterusnya.

Teknologi 4G juga akan muncul, meskipun sekarang ini masih dalam uji coba. Teknologi 4G ini cukup hebat (Sekalipun kita dalam mobil dengan kecepatan 150 km/jam kita akan dapat bandwidth (lebar pita) yang stabil). Selain itu, nantinya media komunikasi tidak hanya telepon tetap di rumah, tetapi kita bisa menggabungkan antara komputer, telepon bergerak (tanpa SIM card), telepon berbasis IP (voice internet protokol) dan telepon rumah biasa.

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak luput dengan komunikasi. Dari dulu hingga sekarang kita semua berkomunikasi, baik verbal maupun secara non-verbal. Komunikasi selalu berkembang terus, sehingga semakin mempermudah para manusia untuk saling berinteraksi satu dengan yang lainnya. Berkembangnya komunikasi karena adanya kemajuan teknologi. Di zaman seperti ini manusia begitu bergantung pada teknologi, bahkan manusia juga sudah begitu mudah untuk mendapatkan atau menggunakan teknologi itu demi kelangsungan hidupnya. 

Di zaman yang semakin modern ini, manusia berlomba-lomba demi berkompetisi dalam membuat teknologi semakin canggih dan keren, dari hasil-hasil pemikiran manusia itu lah maka lahirlah sebuah Telekomunikasi. Telekomunikasi? Siapa yang tidak kenal dengan kata itu, di era ini sudah sangat tidak diherankan lagi kalau kalangan masyarakat banyak mengetahui tentang kata “Telekomunikasi” baik mengetahui arti dan apa fungsi dari “Telekomunikasi” itu sendiri . Secara harfiah Telekomunikasi merupakan proses untuk menyampaikan dan penerimaan pesan-pesan yang ingin disampaikan pada hubungan komunikasi jarak jauh, informasi tersebut berupa gambar, suara, video, dokumen, dan lain sebagainya.  Telekomunikasi juga mempunyai bentuk yang biasanya kita gunakan dalam komunikasi, yaitu ada bentuk Simplex, merupakan komunikasi satu arah, contohnya seperti tayangan Televisi yang kita tonton di rumah, kemudian ada bentuk Half Duplex, yaitu bentuk komunikasi yang dilakukan secara bergantian, contohnya seperti kita sedang chat dengan orang laindi Facebook. Bentuk ketiga yaitu Full Duplex,  merupakan komunikasi dua arah yang secara bersamaan digunakan atau dilakukan, contohnya seperti apabila kalau kita sedang bertelepon dengan sahabat kita.

Perkembangan teknologi Telekomunikasi begitu pesat, tidak dapat dilihat hanya dengan sekejab mata. Perkembangan Telekomunikasi sudah banyak merubah, merubah dalam arti sudut pandang, gaya hidup manusia. Jaringan telekomunikasi juga sudah menghubungan banyak orang-orang yang ada di dalamnya. Apabila di lihat ke belakang, dahulu kita hanya bisa berkomunikasi melalui satu arah saja, kita bisa mengirim pesan-surat tapi sulit untuk mendapatkan pesan itu kembali, tidak seperti sekarang, yang mudah sekali mendapatkan umpan balik atau respons dari si penerima pesan terserbut baik secara langsung maupun tidak langsung. Dahulu kita mengirim pesan atau menerima pesan menggunakan burung merpati, namun seiring berjalannya waktu proses pengiriman pesan atau surat tersebut dapat menggunakan jasa pengiriman pesan melaui POS, kemudian karena teknologi semakin maju dan tidak dapat dihindari oleh manusia atau siapapun, jasa pelayanan Pos pun menurun, semua orang berlari menggunakan media internet dalam proses penggiriman dan penerimaan pesan, yaitu “Email” melalui email semua orang terhubung, pesan yang ingin disampaikan atau diterima begitu mudah dan cepat untuk di dapatkan, bahkan untuk mendapatkan respons juga sangat cepat. Jadi inti dari tujuan telekomunikasi yaitu memudahkan para penggunanya dalam proses pengiriman atau penerimaan pesan.  

Perkembangan telekomunikasi juga dapat dilihat dari perkembangan telepon. Telepon pertama kali ditemukan oleh pemuda tampan berumur 29 tahun bernama Alexander Graham Bell pada tahun 1875. Sebelum menggunakan telepon, manusia menggunakan telegrap dan surat untuk berkomunikasi jarak jauh, sampai bertemu pada penemuan telepon. Telepon merupakan komunikasi dua arah yang digunakan oleh manusia dalam waktu bersamaan. Manusia menggunakan telepon untuk saling bertukar informasi,  Alexander Graham Bell megenalkan penemuannya “telepon” pertama kali dengan mencoba telepon tersebut sejauh 8 mil. Kemudian berhasil, sejak saat itu telepon mulai di perbaiki penampilannya dan jangkauan wilayahnya semakin di perluas lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Teknologi Tepat Guna Beserta Contohnya

Makalah KEJAHATAN KOMPUTER DAN SOLUSINYA

Nomor Speedy dan Password Terbaru untuk @Wifi.id