Home » » Operator pada visual basic

Operator pada visual basic

Written By Anisa indra on Thursday, May 23, 2013 | 8:14 PM


Operator adalah simbol yang digunakan dalam bahasa pemrograman untuk melakukan suatu operasi terhadap nilai data. Simbol operator bisa berupa karakter ataupun kata khusus. Pada Visual Basic ada tiga kelompok operator utama, yaitu: operator aritmatika, operator perbandingan, dan operator logika.
  • Operator aritmatika

    Operator aritmatika digunakan untuk operasi matematis terhadap nilai data. Notasi-notasi yang digunakan tampak pada tabel berikut ini:


    Notasi/simbol untuk operator ini memiliki hirarki kekuatan. Artinya, apabila ada dua atau lebih operator digunakan bersama-sama, maka operator dengan hirarki yang lebih tinggi akan dieksekusi lebih dulu. Hirarki kekuatan operator secara berturut-turut adalah ^, * dan /, \, mod, + dan -. Operator * dan / adalah setara. Demikian juga operator + dan -. Perhatikan contoh berikut ini.

    Contoh 7.3. Contoh penggunaan hirarki operator aritmatika.

    5 * 2 + 3 = 13
    4 ^ 2 - 5 = 11

    Pada contoh pertama, tanda * (kali) memiliki kekuatan yang lebih tinggi dari tanda + (tambah) sehingga operasi perkalian dilakukan terlebih dahulu daripada penjumlahan. Hasil yang diperoleh adalah 10 ditambah 3 bukan 5 dikali 5. Sedangkan pada contoh kedua, tanda ^ (pangkat) mempunyai urutan kekuatan lebih tinggi dari – (kurang) sehingga hasil akhirnya adalah 11 (yaitu dari 16 dikurangi 5). Untuk merubah urutan proses aritmatika dapat diatur dengan menggunakan tanda kurung. Perhatikan contoh berikut:

    Contoh 7.4. Contoh penggunaan kurung untuk mengatur hirarki operator.

    5 * (2 + 3) = 25
    4 ^ (2 – 5) = 0.015625

    Pada contoh ini kita menggunakan angka dan operator yang sama seperti contoh sebelumnya, namun dengan menggunakan tanda kurung untuk merubah urutan proses. Pada contoh pertama proses yang pertama dilakukan adalah penjumlahan 2 dan 3, kemudian baru dikalikan 5. Hasil akhirnya adalah 25 (bandingkan dengan contoh sebelumnya, yaitu 13). Sedangkan pada contoh kedua proses pertama adalah 2 dikurangi 5 kemudian baru hasilnya digunakan sebagai angka pangkat untuk 4 (menjadi 4^-3). Hasil yang diperoleh adalah 0.015625, berbeda jauh dengan contoh sebelumnya yaitu 11. Dari kedua contoh ini dapat dilihat bahwa tanda kurung memiliki kekuatan lebih tinggi dari operator lainnya. Apabila ada lebih dari satu tanda kurung berjajar maka tanda kurung paling dalam yang akan diproses terlebih dahulu.
    Perhatikan contoh berikut:

    5 * ((2 + 2) / 8) = 2.5

  • Operator perbandingan

    Operator perbandingan digunakan untuk operasi yang membandingkan nilai data. Simbol-simbol yang digunakan:


  • Operator logika

    Operator logika digunakan untuk operasi yang membandingkan suatu perbandingan. Simbol-simbol yang digunakan:



Halaman Terkait:
| Dasar-dasar visual basic | Prinsip pokok pemrograman berbasis gui | Tipe data, variabel dan konstanta pada vb | Struktur kontrol program pada vb | Prosedur dan fungsi |

0 komentar :

Post a Comment

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

 
Copyright © 2011-2014. Varia web.id - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger