Home » , » Kebutuhan perangkat lunak dan konfigurasi

Kebutuhan perangkat lunak dan konfigurasi

Written By Anisa indra on Monday, April 15, 2013 | 1:08 PM


Untuk membangun aplikasi web berbasis jsp, diperlukan perangkat lunak yang hampir sama dengan web dinamis lainnya. Namun, ada kekhususan dibanding dengan asp atau php. Hal ini karena perbedaan mekanisme proses antara jsp dengan asp atau php. Selain perangkat lunak yang telah disebutkan di halaman awal dari label ini, berikut adalah kebutuhan perangkat lunak tambahan untuk jsp.

Java development kit (jdk).
Karena jsp berdasarkan bahasa java, maka jdk harus terinstal di dalam komputer. Jdk telah dibahas secara singkat pada label: Pemrograman dengan java.

Tomcat.
Tomcat adalah servlet container dan implementasi jsp. Dibutuhkan untuk mensimulasi komputer personal menjadi web server. Tomcat biasanya diinstalkan di atas web server apache, sehingga orang sering menyebut sebagai apache tomcat. Perangkat lunak ini dapat didownload gratis di situs: http://jakarta.apache.org

Aplikasi pengembang terpadu (ide) seperti: netbeans atau eclipse.
Meskipun membuat halaman jsp bisa dengan menggunakan teks editor biasa, namun disarankan untuk menggunakan aplikasi seperti netbeans untuk mempermudah pembuatan halaman web. Bahkan pada versi 6.1 (dapat didownload di http://www.netbeans.org) selain mendapatkan ide, kita juga mendapatkan web server dan servlet container (apache tomcat) terpadu (gambar 14.9). Kita juga bisa menggunakan aplikasi server yang sangat kuat, yaitu: sun java application server (gambar 14.10) yang juga terintegrasi pada paket penuh netbeans. Pada halaman-halaman yang terkait dengan ulasan seperti ini, kita akan banyak menggunakan fasilitas dari netbeans baik untuk konfigurasi maupun untuk membuat halaman-halaman jsp.



Setelah semua terinstal dengan benar, maka langkah yang kedua adalah konfigurasi, terutama lokasi penyimpanan file. Buka netbeans, kemudian setelah terbuka pilih menu tools, kemudian pilih options. Pada jendela options (gambar 14.11), pilih tab miscellaneous. Klik add directory untuk membuka jendela add local directory. Pilih lokasi, kemudian tekan ok. Pada klik ok, di jendela options adalah untuk keluar.


Untuk menguji apakah halaman jsp dapat dijalankan pada halaman awal netbeans.
Klik menu File dan pilih new project. Jendela new project seperti gambar 14.12 akan terbuka. Pada bagian choose project pilih kategori 'web' dan pada projects, pilih 'web application'. Klik next untuk melanjutkan dalam menentukan nama dan lokasi penyimpanan project (gambar 14.13). klik Next untuk melanjutkan menentukan tipe dan setting server (Gambar 14.14). Pada bagian ini kita dapat memilih apakah menggunakan apache tomcat atau glassFish (java application server). Klik finish untuk menyelesaikan konfigurasi aplikasi web.




Setelah kita menekan finish, kita akan dihadapkan pada tampilan seperti berikut:



Perhatikan pada jendela project! klik files, kemudian cermati struktur direktori pada direktori jsp-01 (gambar 14.16). Struktur direktori aplikasi jsp harus mengikuti aturan yang ketat. Di bawah direktori jsp-01 terdapat direktori penting, yaitu: 'web'. Direktori ini adalah tempat kita menyimpan file dengan ekstensi .jsp. Di bawah direktori web, terdapat direktori web-inf. Direktori 'web-inf' ini harus ditulis namanya seperti ini. Jika tidak, maka aplikasi tidak akan jalan. Direktori ini berisi file-file konfigurasi yang penting bagi jalannya aplikasi web dengan jsp. Coba kita jalankan halaman jsp yang telah otomatis dibuatkan oleh netbeans dengan cara pilih menu Run, kemudian pilih 'run main project'. Kode program yang dibuatkan otomatis oleh netbeans ini misalnya seperti berikut:

<&#37--
Document : index
Created on : Jun 21, 2008, 9:42:26 AM
Author : Aunur R. Mulyarto
--&#37>

<&#37@page contentType="text/html" pageEncoding="UTF-8"&#37>
<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01
Transitional//EN"
"http://www.w3.org/TR/html4/loose.dtd">

<html>
<head>
meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=UTF-8">
<title>JSP Page</title>
</head>
<body>
<h2>Hello World!</h2>
</body>
</html>

Jika web browser kita telah berhasil menampilkan halaman seperti pada gambar 14.17, berarti kita telah siap untuk membuat aplikasi dengan jsp. Perhatikan pada alamat url-nya, halaman ini dipanggil dengan alamat http://localhost:8080/JSP-01/. Karena file yang kita panggil adalah file index.jsp, maka kita dibolehkan memanggil halaman tersebut tanpa menyebut nama file. Konfigurasi pada server telah membuat server mengenali bahwa: halaman dengan nama index adalah halaman awal.



Halaman Terkait:
| Dinamis berbasis jsp | Dasar web dinamis | Pemrograman web dinamis | Bahasa skrip untuk pemrograman web | Persiapan membuat halaman web dinamis | Sekilas tentang jsp | Mekanisme kerja aplikasi web berbasis jsp | Dasar-dasar jsp | Keamanan dalam web dinamis |

0 komentar :

Post a Comment

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

 
Copyright © 2011-2014. Artikel teknologi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger