Home » , » Sekilas tentang program pengolah angka

Sekilas tentang program pengolah angka

Written By Anisa indra on Friday, October 14, 2011 | 8:22 AM


Saat ini perangkat lunak pengolah angka sudah banyak tersedia, baik dari yang didapat dengan cara berbayar atau juga yang gratis. Ada beberapa macam software atau perangkat lunak pengolah angka, dan di antaranya adalah: 'Microsoft Office Excel (versi 97,2000,2003,2007), Lotus 1-2-3, Borland Quattro, Visicalc, Boeing Calc 3D, Lotus Improv, Javelin Software, Lotus Jazz for Mac, Lucid 3D, Gnumeric dan OpenOffice.org Calc'. Semua itu mempunyai fungsi yang sama yaitu: 'mengolah angka'.


Kapankah kita perlu untuk menggunakan perangkat lunak pengolah angka ...? kita perlu menggunakan perangkat lunak pengolah angka, Yaitu: ketika kita dihadapkan pada persoalan hitung menghitung, maka di-saat itulah awal mulanya kita memerlukan perangkat ini.

Perangkat lunak pengolah angka atau dikenal dengan spreadsheet adalah program aplikasi komputer yang khusus untuk melakukan pengolahan perhitungan. Program ini berisi sejumlah sel yang terdiri dari kolom dan baris. Setiap sel dapat berisi teks atau angka. Sel tersebut dapat juga berisi rumus dari suatu perhitungan matematika.

Fasilitas-fasilitas yang disediakan dalam perangkat lunak pengolah angka ini memungkinkan kepada kita untuk dapat dengan cepat dan mudah dalam bekerja guna mengevaluasi, merevisi data perhitungan dan perbandingan harga, serta untuk membuat laporan dalam bentuk tabel dan diagram grafik.

Sekilas program pengolah angka

Ada beberapa aplikasi perkantoran Open Source, dan diantaranya adalah OpenOffice.org, KOffice, dll. Dalam OpenOffice.org ada program khusus pengolah angka yaitu OpenOffice.org Calc.

OpenOffice.org calc adalah perangkat lunak pengolah angka, seperti halnya Excel pada MS.Office, dan di buat sebagai alternatif Excel. Aplikasi ini berjalan di Linux, dan dapat juga berjalan pada Windows serta bersifat Open Source, sehingga aplikasi ini dapat di gunakan dengan gratis. Untuk mendapatkanya bisa dengan cara download dari situs OpenOffice.org, yaitu: www.openoffice.org atau dengan mendapatkan filenya dari CD pada suatu majalah yang membahas tentang komputer.

a. Definisi OpenOffice.org adalah kumpulan perangkat lunak aplikasi yang dapat dioperasikan dalam berbagai sistem operasi komputer. OpenOffice.org mendukung standar ISO 26300 Open Document Format (ODF) untuk pertukaran data sebagai standar format file. OpenOffice.org mampu mengenali bermacam-macam format dokumen, termasuk format Microsoft Office. OpenOffice.org awalnya diturunkan dari StarOffice, yaitu sebuah kumpulan perangkat lunak yang dikembangkan oleh StarDivision yang dibeli oleh Sun Microsystems. OpenOffice.org Calc adalah bagian dari OpenOffice.org yang merupakan salah satu jenis program pengolah angka yang bersifat open source.

b. Fungsi OpenOffice Calc adalah program yang bekerja mengkhususkan pada bidang perhitungan. Ketika anda membuka OpenOffice.org Calc, maka akan tampil sebuah jendela spreadsheet baru yang terdiri dari beberapa sheet kosong. Sebuah spreadsheet bisa memiliki banyak sheet yang digunakan untuk menyusun berbagai macam jenis informasi yang berhubungan pada satu file spreadsheet.

c. Contoh program pengolah angka: Ada beberapa program atau perangkat lunak pengolah angka yang sering digunakan dewasa ini. Di antaranya adalah seperti berikut ini:




d. Aplikasi yang bisa dibuat dengan program pengolah angka: Banyak sekali aplikasi perkantoran yang dapat dibuat dengan program pengolah angka, khususnya OpenOffice.org spreadsheet yaitu: perhitungan gaji karyawan, absensi, daftar inventaris barang dan banyak lagi lainnya.

TIPS: Untuk mendapatkan tips OpenOffice.org, kunjungi - www.openofficetips.com

Halaman Terkait:
| Mengenal openoffice.org calc | Menu toolbar dan ikon pada openoffice.org calc | Toolbar dan ikon pada openoffice.org calc | Menggunakan menu dan ikon pada openoffice.org calc |

0 komentar :

Post a Comment

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

 
Copyright © 2011-2014. Artikel teknologi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger