Mengatur format halaman

Written By Anisa indra on Friday, September 02, 2011 | 4:21 AM


Pengaturan format lembar kertas kerja sangat penting dibutuhkan untuk kerapihan dalam penulisan dokumen. Sehingga, maksud dari isi dokumen tersebut terlihat jelas dari susunan format dokumennya. Untuk format halaman terdiri atas: ukuran kertas, batas kertas, dan posisi kertas.

1. Ukuran kertas

Kita dapat memilih ukuran kertas dengan menggunakan menu: Format > Page.
Dengan mengaktifkan menu tersebut, maka akan muncul kotak dialog Page Style. Pilihlah ke tab (halaman) page seperti terlihat pada gambar 2.5. Pada kondisi awal, jenis kertas yang ditampilkan adalah Letter, dengan besar ukuran lebar 21,59 cm, dan ukuran panjang 27,94 cm. Untuk mengganti jenis kertas tersebut, pilihlah salah satu dari pilihan yang disediakan oleh drop down format dengan gambar kecil panah ke bawah. Kita juga dapat memasukkan nilai ukuran kertas tersebut pada kotak teks Width dan Height, jika jenis pilihan kertas yang dimaksud tidak tersedia.

2. Batas kertas

Batas kertas dokumen penulisan atau Margin, adalah besar ukuran ruang kosong untuk menulis. Atau dengan kata lain, yaitu: jarak antara batas area cetak kertas dengan tepi kertas. Ruang tersebut dapat digunakan untuk menampilkan gambar, nomor halaman, header serta footer, catatan kaki, dan lain sebagainya. Margin ditampilkan dengan bingkai garis berwarna tidak terang atau pudar yang mengelilingi batas area cetak.

Untuk menentukan batas penulisan kertas, masukkan nilai ukuran margin yang diinginkan pada kotak teks: Left, Right, Top, dan Bottom, pada kotak dialog pada gambar. Apabila kita tidak menginginkan bingkai margin pada kertas tersebut, kita dapat menyembunyikannya dengan menggunakan menu: View > Text Boundaries.

3. Orientasi kertas

Orientasi kertas, yaitu format tampilan posisi lembar kertas kerja penulisan. Pada gambar 2.7. layout orientasi ini ditampilkan dua macam yaitu Portrait (bentuk tegak) dan Landscape (bentuk datar).

TIPS: Apabila kita ingin mengetik berupa artikel berbentuk koran, disarankan untuk mengatur format paragraph dari awal, dan posisi kertas menggunakan portrait.




Halaman Terkait:
| Membuat dokumen | Membuat dokumen baru | Format paragraf | Menggunakan header dan footer | Menyimpan dokumen | Mencetak dokumen |

0 komentar :

Post a Comment

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

 
Copyright © 2011-2014. Artikel teknologi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger