Format paragraf

Written By Anisa indra on Monday, September 05, 2011 | 2:21 AM


Paragraf atau alinea, berisi sekumpulan teks atau kalimat yang mempunyai satu pemikiran tertentu. Tampilan yang kita buat akan terlihat lebih baik dan menarik, apabila melakukan pengaturan paragraf secara baik.

1. Mengenal bentuk paragraf

Pada program aplikasi pengolah kata OpenOffice.org Writer, menu paragraf dapat anda aktifkan dengan memilih menu: Format >> Paragraph. Di dalam kotak dialog Paragraph disediakan delapan jendela untuk memformat tampilan paragraf dalam penulisan dokumen dengan fungsinya sendiri. Salah satunya adalah menu tab pada Drop Caps yang berfungsi untuk mengubah format huruf awal pada kalimat pertama di dalam suatu teks, atau paragraf menjadi ukuran yang lebih besar dengan karakteristik yang lebih menyolok.

2. Mengatur paragraf dengan mouse

Kursor pada mouse atau titik sisip, adalah awal tempat kita melakukan pengetikan. Cara untuk memformat paragraf dari dokumen OpenOffice.org Writer dengan menggunakan mouse adalah: pertama, dengan memilih paragraf dan meletakkan kursor di awal teks sambil menekan, dan tahan tombol kiri mouse. Kemudian, anda geser kursor tersebut sampai dengan akhir teks yang masih dalam satu paragraf, lalu pilih, dan klik menu format paragraf dengan cara: Format >> Paragraph.

3. Membuat indentasi:

Indentasi berfungsi untuk mengatur jarak antara sisi teks pada paragraf, dengan sisi batas penulisan teks. Beberapa pengaturan yang ada pada menu tab Indents & Spacing dari menu Paragraph yaitu:
  1. Before text: Berfungsi untuk mengatur jarak antara sisi kiri paragraf dengan batas margin kiri.
  2. After text: Berfungsi untuk mengatur jarak antara sisi kanan paragraf dengan batas margin kanan.
  3. First line: Digunakan untuk pengaturan mengenai seberapa jauh baris pertama paragraf akan menjorok lebih ke dalam atau ke luar bila di-bandingkan dengan baris kedua, dan seterusnya.
4. Mengatur jarak spasi:

Spasi baris adalah pengaturan jarak antara paragraf baris pertama dan baris berikutnya. Pada OpenOffice.org Writer memiliki 7 macam spasi. Spasi atau jarak antar baris, pada umumnya memiliki nilai sebesar 1, 1.5 dan 2. Perhatikan gambar 2.9, pada kotak Line spacing.


Halaman Terkait:
| Membuat dokumen | Membuat dokumen baru | Mengatur format halaman | Menggunakan header dan footer | Menyimpan dokumen | Mencetak dokumen |

0 komentar :

Post a Comment

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

 
Copyright © 2011-2014. Artikel teknologi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger