Home » » Menggunakan keyboard dan mouse

Menggunakan keyboard dan mouse

Written By Anisa indra on Tuesday, August 02, 2011 | 6:34 AM


Keyboard dan mouse, merupakan bagian dari perangkat komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data ke dalam komputer (teks, angka), dan memilih atau mensortir menu atau ikon tertentu.

1. Menggunakan tombol pada keyboard:

Keyboard atau papan ketik, adalah peralatan untuk memasukkan data dengan cara mengetik. Keyboard terdiri atas tombol huruf, tombol angka dan tombol simbol atau karakteristik khusus. Pada keyboard, juga terdapat lampu indikator. Tombol pada keyboard dikelompokkan ke dalam empat kelompok, yaitu: kelompok kanan, kelompok kiri, kelompok tengah dan kelompok atas. Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf dari: A sampai Z, tombol angka (numerik) 0 sampai 9, tombol karakter khusus seperti: @? > < # $ % ^ &! * ( ) ~? | ", tombol fungsi seperti: F1 sampai F12, dan tombol-tombol lainnya.
Ketika kita mengetik kalimat atau teks yang kita ketik, maka kalimat atau hasil dari ketikan kita tersebut akan ditampilkan pada layar monitor. Kita juga dapat menghapus atau menambahkan kata-kata dengan cara yang bebas, tanpa harus menggunakan alat-alat tambahan.

2. Menggunakan Mouse:

Mouse, juga dikenal dengan istilah tetikus, dan ini mungkin karena bentuknya yang mirip tikus. Mouse ini berfungsi sebagai alat penunjuk untuk memilih menu atau ikon pada saat menjalankan sebuah program komputer. Pada saat ini, hampir semua sistem operasi komputer sudah berbasis grafis, sehinggga tidak perlu lagi mengetikkan perintah seperti pada komputer dengan modus teks.

Mouse memiliki dua tombol tekan, yaitu: tombol kiri dan tombol kanan, dan ada juga mouse yang memiliki tiga tombol yang berada di tengah, dan disebut dengan sebutan tombol scroll, dan berfungsi sebagai tombol putar yang dapat diputar ke arah depan dan belakang. Supaya mouse dapat digunakan dengan lebih baik, maka diperlukan pad. Pad adalah alas tempat mouse digerak-gerakan.

Sekarang ada beberapa hal yang kita pelajari tentang tombol ini:
  1. Klik: berarti menekan tombol kiri mouse satu kali.
  2. Klik ganda: berarti menekan tombol kiri mouse dua kali dengan cepat.
  3. Drag: klik tombol kiri mouse dan ditahan, kemudian digeser.
  4. Klik kanan: berarti mengaktifkan menu baru pada teks yang dipilih.

0 komentar :

Post a Comment

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

 
Copyright © 2011-2014. Varia web.id - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger