Home » » Mengenal perangkat lunak pengolah kata

Mengenal perangkat lunak pengolah kata

Written By Anisa indra on Thursday, June 23, 2011 | 10:54 PM


Sebagai paket office yang semakin populer, openoffice.org menawarkan sejumlah kelebihan baik dari sisi lisensi ataupun teknis. Apa saja kelebihan openoffice.org dibanding microsoft office?.


Boleh dikatakan hampir tidak ada pengguna komputer aktif yang tidak mengenal paket office microsoft office. Sebagian pengguna komputer bahkan tidak bisa bekerja produktif tanpa produk tersebut. Sudah bertahun-tahun lamanya, microsoft office menguasai pasar. Pengguna semakin termanjakan dan tergantung. Harga lisensi penggunaan ms office memang cukup berpotensi untuk membuat jantungan. Harga satu paket lengkap bahkan bisa lebih mahal dari hardware komputer yang cukup baru.

Dari sisi fitur, harus diakui openoffice.org belum bisa dibandingkan dengan microsoft office. Namun, sebagian besar pengguna sebenarnya hanya membutuhkan sebagian kecil fungsionalitas yang sudah dipenuhi dengan baik oleh openoffice.org. Openoffice.org datang dengan semua komponen office yang dibutuhkan untuk bekerja dalam sehari-hari.

Selain itu, openoffice.org juga datang dengan berbagai fitur lain, yang bahkan belum bisa disediakan oleh microsoft office. Kita akan bicara sepuluh diantaranya:
  • Ketersediaan source code
  • Berjalan pada banyak platform
  • Kompatibel dengan microsoft office dan format office lainnya
  • Format open-document yang terbuka dan fleksibel
  • Ekspor ke pdf dan format lain dengan mudah
  • Macro dalam berbagai bahasa pemrograman
  • Akses database yang luas dan transparan
  • Wizard untuk konversi dokumen ms office
  • Sangat customizeable
  • User interface yang konsisten antar komponen
Arsitektur program openoffice.org dan sistem komponennya dikembangkan dengan sangat baik. Salah satu akibatnya, user interface writer, calc, impress dan komponen lain sangatlah konsisten. Kita bahkan bisa membangun macro untuk memanggil komponen tertentu dari openoffice.org.

Bisa kita lihat, openoffice.org bukanlah proyek main-main. Openoffice.org sangatlah layak untuk digunakan dan diandalkan untuk membantu kita tetap produktif. Jangan pernah terus tergantung pada sesuatu. Ketergantungan itu tidak akan pernah selesai, apabila kita tidak berusaha keras untuk melepaskan diri.

Dari: http://iddonk.wordpress.com/2008/07/29/10-kelebihan-openofficeorg/
Tanggal: Kamis, 12 Februari 2009 | 08:58 WIB

Mengenal perangkat lunak pengolah kata

Software pengolah kata yang kita bicarakan ini ialah dengan menggunakan perangkat lunak OpenOffice.org Writer yang dijalankan dengan sistem operasi Linux. Perangkat lunak ini merupakan program satu paket saat kita menginstal Linux di komputer sendiri. Karena, sistem operasi Linux sudah menyiapkan beberapa paket dalam penginstalan termasuk aplikasi yang digunakan untuk perkantoran dan multimedia di dalam satu kaset piringan (Compact Disc).

Sekilas tentang program pengolah kata

OpenOffice.org Writer merupakan bagian program dari aplikasi perkantoran OpenOffice.org. Selain tugas utamanya untuk membuat naskah dalam bentuk dokumen, OpenOffice.org Writer juga bisa menyisipkan gambar, membuat tabel, dan melakukan perhitungan sederhana. Kita tentu bertanya, kenapa menggunakan OpenOffice.org Writer kalau yang paling populer adalah Microsoft Word ...?
Ada beberapa keuntungan dengan menggunakan OpenOffice.org Writer bila di-bandingkan dengan menggunakan aplikasi yang sejenisnya, yaitu:
  1. Free Software, aplikasi gratis yang bisa didapat dari: meng-kopi, men-download dari manapun, tanpa diharuskan membayar lisensi. Dan bebas pula untuk diinstal ke beberapa komputer, serta dikopikan kemanapun, dan yang paling penting adalah didukung oleh komunitas di seluruh dunia.
  2. Format dokumen yang digunakan memakai Open Document Format (.odt) sehingga, akan dapat dibuka oleh pengolah kata yang lain seperti: AbiWord, StarWriter, dan semisalnya.
  3. File dokumen yang digunakan tidak rentan sebagai file pembawa virus.
  4. Bisa membuka file yang dibuat dengan Microsoft Word dengan hasil yang baik.
  5. Dapat menyimpan file dengan format Microsoft Word, sehingga dapat dibuka dengan baik juga oleh Microsoft Word.
  6. Tersedia untuk sistem operasi: Linux, Windows, Mac, dan Solaris.
  7. Tersedia versi portable (tanpa harus di-instal ke komputer).

Mengenal openoffice.org writer

OpenOffice.org Writer dapat berjalan di tempat sistem operasi yang berbeda, yaitu: sistem operasi Linux, Windows, Mac, dan Solaris.

Namun begitu, pada ke-empat sistem operasi tersebut memiliki langkah-langkah untuk memulainya yang sedikit berbeda. Dalam posting ini, kita akan menggunakan sistem operasi Linux dengan distro Ubuntu. Untuk pengguna pada sistem operasi Linux, menu yang digunakan untuk menjalankan program pengolah kata OpenOffice.org Writer adalah sebagai berikut:

1. Klik tombol Application.
2. Pilih Office.
3. Klik OpenOffice.org Writer.

Perhatikan, bahwa: sebenarnya penulisan OpenOffice selalu diakhiri dengan akhiran .org namun demi kepraktisan, maka terkadang akhiran tersebut tidak dituliskan.
Jendela aplikasi pengolah kata OpenOffice.org Writer ditunjukkan pada gambar 1.3. Lembar kerja OpenOffice.org Writer disebut juga dengan Document.
Berdasarkan Gambar 1.3. tersebut, komponen-komponen yang ada pada jendela program aplikasi pengolah kata OpenOffice.org Writer, terdiri dari 12 (duabelas) bagian yaitu:

Nomor/nama komponen:
  1. Title Bar
  2. Menu Bar
  3. Kontrol Jendela
  4. Toolbar standar
  5. Formatting toolbar
  6. Horizontal Ruler
  7. Vertikal Ruler
  8. Scroll Bar Horizontal
  9. Scroll Bar Vertikal
  10. Drawing toolbar
  11. Status Bar
  12. Text Boundaries
a. Title Bar

Berfungsi sebagai judul dan informasi nama file yang sedang aktif, atau sedang dijalankan. Terletak pada posisi paling atas pada jendela dokumen OpenOffice.org Writer.

b. Kontrol Jendela

Tiga fungsi pada kontrol ini, yaitu:

  1. Minimize windows: berfungsi untuk memperkecil tampilan OpenOffice.org Writer.
  2. Maximize dan Unmaximize windows: berfungsi untuk mengembalikan ukuran tampilan pada OpenOffice.org Writer, dan juga untuk memperbesar tampilan jendela kerja program aplikasi OpenOffice.org Writer.
  3. Close windows: berfungsi untuk menutup jendela program aplikasi OpenOffice.org Writer
Untuk dapat mengakhiri jendela program aplikasi OpenOffice.org Writer, ada 2 (dua) cara penggunaannya, yaitu:
  1. Cara pertama, digunakan untuk menutup lembar kerja tanpa mengakhiri, atau tanpa keluar dari program OpenOffice.org Writer, caranya: Klik menu File, kemudian pilih dan klik Close.
  2. Cara kedua, digunakan untuk menutup lembar kerja dan mengakhiri, atau keluar dari program OpenOffice.org Writer, caranya: Klik menu File, kemudian pilih dan klik Exit, atau Klik tanda silang ( X ) pada komponen kontrol jendela


Komponen-komponen yang sebelumnya telah disebutkan, adalah merupakan bagian yang terdiri atas menu, toolbar dan ikon-ikon di dalamnya. Pada postingan kali ini akan dijelaskan lebih lanjut, yaitu: tentang bagian komponen-komponen tersebut.

Menu pada OpenOffice.org Writer

Menu, adalah merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dan berfungsi untuk mengaktifkan dan menjalankan perintah-perintah, atau instruksi dalam pembuatan dokumen di program aplikasi OpenOffice.org Writer.

Menu Bar, berisi pilihan menu-menu yang berfungsi sebagai perintah untuk mengolah dokumen lembar kerja di OpenOffice.org Writer. Menu Bar, terletak pada bagian atas atau di bawah judul dokumen. Menu utama, atau sering disebut dengan Menu Bar terbagi menjadi beberapa kelompok menu-menu, yaitu:
  1. Menu File. Kalau menu ini dipilih, maka akan memunculkan Drop-Down menu yang disebut dengan sub menu, yang di antaranya: New, Open, Save, Close, Print, Exit dan sebagainya. Menu ini berhubungan dengan pengaturan dokumen, seperti misalnya membuat dokumen baru, membuka, menyimpan, dan mencetak-nya.
  2. Menu Edit. Berfungsi dalam proses peng-editan, atau perubahan tulisan. Di-dalamnya terdapat sub menu yang diantaranya: Cut, Copy, Paste, Undo, Redo, Select All, dan sebagainya, Seperti misalnya: menyalin, memindahkan dan memilih teks, atau kalimat pada dokumen.
  3. Menu View. Menu ini berfungsi untuk mengatur tampilan lembar kerja dan di dalamnya terdapat sub menu: PrintLayout, Web Layout, Toolbars, Zoom dan sebagainya. Misalnya seperti: mengubah ukuran lembar kerja, bentuk tampilan dokumen, meng-aktifkan dan me-non-aktifkan menu toolbar.
  4. Menu Insert. Berfungsi untuk menyisipkan objek tertentu ke dalam lembar kerja. Di dalamnya terdapat sub menu Manual Breaks, Row, Column, Picture, Table, Object dan sebagainya.
  5. Menu Format. Berfungsi untuk mengatur format dari lembar kerja seperti format teks, lebar baris dan kolom, ukuran kertas, paragraf, perataan teks dan sebagainya.
  6. Menu Table. Berfungsi untuk membuat, mengatur dan menyunting tabel.
  7. Menu Tools. Berfungsi untuk mengubah dan mengatur berbagai macam aturan pada lembar kerja, seperti bahasa, pemeriksaan ejaan, jumlah kata, mail merge, dan sebagainya.
  8. Menu Window. Berisi menu-menu yang digunakan untuk mengatur dan memilih jendela kerja aplikasi OpenOffice.org Writer yang aktif.
  9. Menu Help. Adalah menu bantuan yang berisi fasilitas petunjuk bantuan penggunaan OpenOffice.org Writer.

Toolbar pada openoffice.org writer

Toolbar, berisi berbagai macam tombol yang berbentuk ikon gambar-gambar dan dikelompokkan berdasarkan fungsinya. Misalnya proses membuka file dokumen yang sudah disimpan dan yang diaktifkan dengan menu: File > Open, maka dapat digantikan dengan mengklik tombol Open (tombol yang memiliki ikon bergambar folder file).
Untuk mengaktifkan dan menyembunyikan menu toolbar, kita bisa mengaturnya melalui menu: View - Toolbars, kemudian beri atau hilangkan tanda cek list (v).

a. Standard Toolbar (Toolbar Standar)

Toolbar standar, adalah sekumpulan ikon-ikon atau gambar sebagai jalan pintas yang berfungsi untuk melakukan perintah-perintah pengaturan dokumen, seperti: menyimpan, membuka, mencetak, menyalin teks dan sebagainya.

Berikut, nama ikon-ikon yang sering digunakan pada menu toolbar standar:

Nama ikonfungsi
New Membuat lembar kerja baru
Open Membuka dokumen yang pernah disimpan
Save Menyimpan lembar kerja dalam bentuk dokumen file
Print Mencetak lembar kerja
Page Preview    Menampilkan dokumen yang aktif sebelum dicetak
Cut Memindahkan suatu objek pada penyimpanan sementara
Copy Menggandakan suatu objek pada lembar kerja OpenOffice.org Writer                         
Paste Menampilkan hasil Copy atau Cut
Undo Membatalkan penyuntingan dokumen paling akhir
Redo Mengembalikan kembali tindakan penyuntingan terakhir
Table Membuat tabel
Zoom Mengubah ukuran tampilan lembar kerja OpenOffice.org Writer

b. Formatting Toolbar (Toolbar Pemformatan)

Pada formatting toolbar, terdapat ikon-ikon yang sering kita gunakan. Ikon tersebut berguna untuk mengatur dan memodifikasi penulisan pada dokumen. Dengan ikon-ikon ini, kita dapat memodifikasi teks dengan cepat. Berikut nama ikon yang sering digunakan dalam penyuntingan teks pada dokumen OpenOffice.org Writer:

Nama ikonfungsi
Style and
Formatting
Memilih style yang akan digunakan
Font Name Memilih jenis huruf yang akan digunakan
Font Size Memilih ukuran huruf
Bold Mencetak tebal huruf, angka atau kalimat
Italic Memberikan efek miring pada huruf, angka atau kalimat yang dimaksudkan
Underline Memberikan garis bawah pada huruf, angka atau kalimat
Align Left Membuat tulisan rata kiri
Centered Membuat tulisan rata tengah
Align Right Membuat tulisan rata kanan
Justified Membuat tulisan rata kiri dan rata kanan pada lembar kerja
Numbering Memberikan dan mengatur bentuk daftar item berstruktur di dalam teks, berupa huruf dan angka
Bullets Memberikan dan mengatur bentuk daftar item berstrukstur di dalam teks, berupa simbolsimbol tertentu.
Font Color Mengatur pewarnaan huruf atau angka di lembar kerja
Background Color Memberikan efek pewarnaan pada bagian latar belakang teks ata objek tertentu


c. Drawing toolbar (Toolbar Menggambar)

Pembuatan dokumen yang disertai dengan gambar, warna, teks artistik dan simbol objek, akan membuat menarik isi dan tampilan dari sebuah dokumen. Drawing toolbar berfungsi untuk membuat atau menyisipkan gambar, simbol, objek, teks artistik dan sebagainya pada lembar kerja dokumen. Berikut nama ikon-ikon yang sering digunakan dalam penyuntingan gambar pada lembar kerja OpenOffice.org Writer:

Nama ikonfungsi
LineMembuat garis lurus
RectangleMembuat objek berbentuk kotak
EllipseMembuat objek berbentuk lingkaran
Freeform LineMembuat garis bebas atau tidak beraturan
TextMembuat teks pada area tertentu
CallaoutsMenyisipkan objek awan
Basic ShapesMenyisipkan objek atau gambar dasar pada lembar kerja, berupa bentuk persegi dan lingkaran
Symbol ShapesMenyisipkan simbol pada lembar kerja
Block ArrowsMenyisipkan objek berupa arah dan bentuk panah
Fontwork gallery Membuat teks yang diberi efek grafis tertentu

d. Status Bar

Status bar, adalah kotak yang terletak paling bawah pada program aplikasi OpenOffice.org Writer, dan berfungsi untuk menampilkan informasi halaman, gaya halaman, bahasa, ukuran tampilan, dan sebagainya. (Lihat gambar 1.10).

e. Scroll Bar

Scroll bar adalah bagian dari OpenOffice.org Writer yang berfungsi untuk menggeser halaman yang sedang aktif. Ada dua buah scrollbar, yaitu: scrollbar horizontal untuk menggeser halaman ke arah kanan atau kiri, dan scrollbar vertikal untuk menggeser halaman ke arah atas atau bawah.

Shortkey pada openoffice.org writer

Shortkey atau kunci kombinasi pada keyboard berfungsi supaya kita bisa menggunakan menu bar dan toolbar yang ada tanpa harus memakai mouse. Sehingga, kita akan terbiasa menggunakan keyboard untuk menggunakan fungsi-fungsi tersebut.
Berikut shortcut pada keyboard yang sering digunakan untuk penulisan pada program aplikasi OpenOffice.org Writer:

Tabel 1.1 fungsi pada Menu File

KombinasiFungsi
Ctrl+N Membuat dokumen baru menggunakan OpenOffice.org Writer                          
Ctrl+O Memilih jenis huruf yang akan digunakan
Ctrl+S Menyimpan dokumen (Save)
Ctrl+Shift+S Menyimpan dokumen (Save as...)
Ctrl+P Mencetak dokumen
Alt+F+X Keluar dari program OpenOffice Writer

Tabel 1.2 fungsi pada Menu Edit

KombinasiFungsi
Ctrl+Z Perintah Undo, membatalkan perintah terakhir yang kamu lakukan
Ctrl+Y Perintah Restore/Redo, mengulang perintah pembatalan yang baru saja dilakukan
Ctrl+X Perintah untuk memindahkan paragraf atau teks
Ctrl+C Perintah untuk membuat penggandaan atau duplikat paragraf atau teks
Ctrl+V Meletakkan hasil pemindahan paragraf atau teks dari perintah copy atau cut
Ctrl+A Mensortir atau memblok semua paragraf atau teks dalam satu lembar kerja pada OpenOffice.org Writer yang aktif

Tabel 1.3 fungsi pada Menu View

KombinasiFungsi
Alt+V+T+... Mengaktifkan dan menonaktifkan menu-menu toolbar yang dipilih
Ctrl+Shift+J Perintah untuk tampilan layar lembar kerja menjadi full screen
Alt+V+Z Untuk memperbesar atau memperkecil tampilan layar lembar kerja dokumen         

Tabel 1.4 fungsi pada Menu Insert

KombinasiFungsi
Alt+I+P Menyisipkan berupa simbol-simbol atau karakter khusus                                    
Ctrl+F12 Menyisipkan tabel
Alt+I+U+F Menyisipkan gambar-gambar dari disk

Tabel 1.5 fungsi pada Menu Format

KombinasiFungsi
Alt+O+H Menampilkan format karakter.
Alt+O+A Menampilkan format paragraf
Alt+0+B Menampilkan fornat Bullets and Numbering.
Alt+O+C+... Mengubah huruf menjadi besar atau kecil (Change Case).                                   

Tabel 1.6 fungsi pada Menu Tabel

KombinasiFungsi
Ctrl+F12 Menyisipkan tabel.
F2 Menampilkan kotak dialog perhitungan matematika.                                           

Tabel 1.7 fungsi pada Menu Tool

KombinasiFungsi
F7 Memeriksa format kalimat sesuai dengan bahasa yang benar.                              
Alt+T+C Menampilkan kotak dialog Customize.
Alt+T+O Menampilkan kotak dialog Options.

Tabel 1.8 fungsi pada Menu Windows

KombinasiFungsi
Alt+W+N Membuka jendela baru OpenOffice.org Writer.                                                  
Ctrl+W Menutup jendela windows yang aktif.

Tabel 1.9 fungsi pada Menu Help

KombinasiFungsi
F1 Kotak dialog bantuan tentang penggunaan OpenOffice.org Writer.                        

Tips: Gunakan kombinasi dan fungsi pada keyboard untuk memformat teks pada dokumen.


0 komentar :

Post a Comment

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

 
Copyright © 2011-2014. Artikel teknologi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger