Sejarah singkat linux

Written By Anisa indra on Saturday, May 07, 2011 | 11:56 PM


Kernel Linux, pada mulanya ditulis sebagai hobi oleh seorang mahasiswa universitas di Finlandia, yaitu: 'Linus Torvalds' yang belajar di Universitas Helsinki, guna untuk membuat kernel Minix yang bebas dan dapat di-sunting. (Minix adalah proyek pelajaran menyerupai UNIX, yang dibuat untuk kemudahan belajar bukannya untuk kegunaan perniagaan). Versi 0.01 dikeluarkan ke Internet pada September 1991, Versi 0.02 pada 5 Oktober 1991.

Sejarah sistem pengoperasian berdasarkan Linux, berkaitan erat dengan proyek GNU, yaitu proyek Program bebas terkenal yang diketuai oleh Richard Stallman. Proyek GNU bermula pada 1983, untuk membuat sistem pengoperasian seperti Unix lengkap, kompiler, utiliti aplikasi, utiliti pembangunan dan seterusnya, serta dikarang sepenuhnya dengan Free Software. Pada tahun 1991, apabila versi pertama kerangka Linux ditulis, proyek GNU project telah menghasilkan hampir ke semua komponen sistem ini, kecuali kernel. Torvalds dan pembangun kernel seperti Linux, menyesuaikan kernel mereka supaya dapat berfungsi dengan komponen GNU, dan seterusnya mengeluarkan Sistem Pengoperasian yang cukup berfungsi. Oleh kerena itu, Linux melengkapkan ruang terakhir, dalam rancangan GNU.

Logo Linux adalah sebuah pinguin. Tidak seperti produk proprietary sistem operasi lainnya, Linux tidak memiliki simbol yang terlihat hebat. Melainkan Tux, yaitu nama pinguin yang memperlihatkan sikap santai dari gerakan Linux. Logo yang lucu ini memiliki sejarah yang unik. Awalnya, tidak ada logo yang dipilih untuk Linux, namun pada waktu Linus (pencipta Linux) berlibur, ia pergi ke daerah selatan. Disanalah dia bertemu dengan se-ekor pinguin yang "singkat cerita", menggigit jarinya. Kejadian yang lucu ini merupakan awal terpilihnya pinguin sebagai logo Linux.

Tux, adalah hasil karya seniman Larry Ewing pada waktu para pengembang merasa bahwa: Linux sudah memerlukan sebuah logo (1996) dan nama yang terpilih, dan itu adalah usulan dari James Hughes yaitu: "(T)orvalds (U)ni(X) -- TUX!". Lengkaplah sudah, logo dari Linux, yaitu: se-ekor pinguin yang bernama Tux. Hingga sekarang, logo Linux yaitu Tux sudah terkenal ke berbagai penjuru dunia. Orang lebih mudah mengenal segala produk yang berbau Linux hanya dengan melihat logo yang unik nan lucu, ialah hasil dari kerjasama seluruh komunitas Linux di seluruh dunia.

Halaman Terkait:
| Sistem operasi linux | Distribusi linux | Kelebihan dan kekurangan linux |

2 komentar :

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali teman ..., salam untuk rekan-rekan fakultas / maaf.

      Delete

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

 
Copyright © 2011-2014. Artikel teknologi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger