Home » , » Tik dalam bidang pendidikan

Tik dalam bidang pendidikan

Written By Anisa indra on Thursday, April 14, 2011 | 12:08 PM


Peran TIK dalam bidang pendidikan sangat tidak mungkin untuk dihindari. Dalam dunia pendidikan, teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan yang seiring dengan perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari, Teknologi Informasi dan Komunikasi sering dijumpai sebagai kombinasi dari teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah, dimana itu semua akan memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Pendidikan yang menggunakan sarana TIK dan terutama internet, pada umumnya disebut: 'e-education'.

Salah satu pernanan TIK dalam dunia pendidikan saat ini adalah dengan munculnya E-learning. Dengan e-Learning, adalah sangat mungkin akan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-learning) menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga akan dapat diperoleh hasil yang lebih baik. E-learning merupakan dasar dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Dengan e-learning, peserta ajar (learner atau murid) tidak perlu duduk dengan manis di ruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung. E-learning, juga dapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan tentu saja ini adalah salah satu cara untuk menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah Program pembelajaran, atau Program pendidikan.

Dengan demikian, e-learning dapat mempersingkat waktu pembelajaran dan membuat biaya pendidikan untuk belajar menjadi lebih ekonomis. E-learning, dapat mempermudah interaksi antara peserta didik dengan bahan/materi, peserta didik dengan dosen/guru/instruktur maupun sesama peserta didik. Peserta didik dapat saling berbagi informasi, dan dapat mengakses bahan-bahan belajar pada setiap saat dan berulang-ulang, dan dengan kondisi yang demikian itu, maka peserta didik akan dapat lebih memantapkan penguasaannya terhadap materi pembelajaran. Pemerintah Indonesia, sekarang tengah gencar-gencarnya memanfaatkan teknologi ini agar bekerja sama dengan TELKOM guna melaksanakan Program internet go to school, yaitu: 'pengadaan internet untuk sekolah-sekolah yang belum mempunyai sarana internet.

Jika dilihat berdasarkan jenis kegiatannya, maka TIK dapat bermanfaat untuk:

a. Penelitian
Penggunaan peralatan TIK sangat bermanfaat dalam mendukung semua kegiatan penelitian dalam bentuk proses pencarian data, pengolahan data, sehingga hasil yang bagus dan bermanfaat dari suatu penelitian dapat diperoleh. Disamping itu, proses penyebaran informasi dari hasil penelitian diharapkan lebih cepat dan tepat pada sasaran yang dituju.

b. Perpustakaan Online
Perpustakaan online adalah fasilitas perpustakaan dalam dunia digital yang ada di internet, dan yang memungkinkan bagi seseorang pencari informasi dapat mengakses ke segala sumber ilmu pengetahuan dengan cara yang mudah, tanpa adanya batasan waktu dan jarak.

c. Sarana Belajar Interaktif
Penggunaan alat teknologi informasi seperti LCD Proyektor dan CD-ROM Multimedia, menjadikan suasana belajar lebih menarik dan interaktif. Kreativitas seorang guru dan keaktifan siswa bisa menciptkakan suasana komunikasi dua arah.

d. Akses Informasi Akademik secara Online
Biasanya, lembaga sekolah atau institusi mempunyai alamat situsnya sendiri. Hal ini akan memungkinkan informasi akademik seperti: pengumuman pendaftaran siswa baru (PMB), sistem penilaian, serta sistem informasi sekolah dituangkan dalam bentuk digital di internet yang dapat diakses oleh pihak sekolah dan beberapa orang yang membutuhkannya.

Dari segi manusia yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, maka akan ada 2 pihak yang mendapatkan keuntungan, yaitu peserta didik dan lembaga penyelenggara pendidikan itu sendiri. Keuntungan yang diperoleh bagi peserta didik dari pemanfaatan peralatan teknologi informasi dan komunikasi antara lain:
  1. Dapat mengakes informasi hasil penelitian-penelitian orang lain.
  2. Mudahnya cara mengakses informasi langsung ke sumbernya.
  3. Akses dengan para pakar untuk berkonsultasi juga lebih mudah.
  4. Adanya materi pelajaran yang tersusun secara interaktif dan menarik.
  5. Bisa mengikuti kelas online, sehingga kendala terhadap biaya dan waktu dapat diatasi.
Sedangkan keuntungan yang diperoleh bagi penyelenggara pendidikan dari pemanfaatan peralatan teknologi informasi dan komunikasi antara lain:
  1. Dapat saling bertukar hasil penelitian dengan institusi pendidikan yang lain.
  2. Memberikan kemudahan dalam pelayanan kepada peserta didik.
  3. Dengan program jarak jauh, maka informasi akademik dapat dicapai oleh peserta didik melalui program jarak jauh.
  4. Biaya pengadaan buku-buku sekolah yang ada diperpustakaan bisa dikurangi dengan adanya perpustakaan online.
  5. Memungkinkan bisa terjadinya kerjasama dengan institusi lain.

Halaman Terkait:
| Peran teknologi informasi komunikasi | Tik dalam bidang ekonomi (e-bussiness) | Tik dalam bidang pemerintahan (e-government) | Tik dalam bidang perbankan (e-banking) | Manfaat tik dalam bidang sosial | Manfaat tik dalam bidang kedokteran |

0 komentar :

Post a Comment

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

 
Copyright © 2011-2014. Artikel teknologi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger