Sistem komputer

Written By Anisa indra on Wednesday, February 15, 2012 | 10:10 AM

Peralatan teknologi informasi saat ini sudah sedemikian pesat perkembangannya.
Komputer sebagai salah satu peralatan Teknologi Informasi yang tidak hanya berfungsi sebagai alat tulis guna menggantikan mesin ketik, namaun komputer telah menjadi alat yang multi fungsi, atau memiliki banyak fungsi.


Pada bidang-bidang tertentu, mudah sekali dijumpai bahwa ternyata komputer adalah sebagai alat bantunya. Sebagai contoh, yaitu pada bidang fotografi. Dengan kamera digital, seseorang dapat mengambil gambar (memotret) suatu moment. Hasil pemotretan tersebut kemudian ditransfer ke komputer dengan menggunakan koneksi USB (universal serial bus). Kemudian Oleh komputer, gambar tersebut dibaca sebagai file dengan format yang umum, misalnya JPG. Jika file tersebut langsung dicetak, maka file tersebut bisa dibawa ke studio foto dengan memindahkan-nya terlebih dahulu ke flashdisk atau memori card. Namun, jika file foto tersebut akan diperbaiki (diedit), file tersebut dapat diolah dengan menggunakan perangkat lunak pengolah foto, misalnya GIMP. Untuk mencetak foto, kini tidak harus dibawa ke studio foto. Jika kita memiliki printer dengan hasil pencetakan kualitas photo, maka kita cukup membeli kertas glossy, yaitu: kertas photo.

Perangkat keras, perangkat lunak dan manusia

Dalam teknologi informasi dan komunikasi dikenal adanya perangkat keras, perangkat lunak, dan perangkat manusia, atau yang sebelumnya masih dengan menggunakan bahasa asing yang dikenal dengan istilah: hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), dan brainware (perangkat manusia). Ketiga hal itu saling berkait satu sama lain dan membentuk sebuah sistem. Artinya, berfungsinya TIK tidak dapat dipisahkan dari ketiga unsur tadi, yaitu: perangkat keras, perangkat lunak, dan manusia.

Penerapan TIK pada suatu bidang selalu menggunakan ketiga hal tersebut. Hampir di semua bidang, kita bisa menjumpai pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Sebagai contoh, yaitu: bidang transportasi, bidang medis, pendidikan, bisnis, pariwisata, politik, spiritual, hiburan dan lain sebagainya. Kesemua-nya itu akan dapat memanfaatkan fasilitas TIK untuk mencapai tujuan-nya.

Sistem komputer

Sistem, adalah merupakan kumpulan unsur yang saling terkait dalam mencapai suatu tujuan. Sistem, dalam bahasa sederhana dapat diibaratkan sebagai rangkaian kerja. Dalam sistem, dikenal adanya elemen yaitu: bagian terkecil yang saling berkaitan dalam suatu sistem.

Di dalam masyarakat, kita sering mendengar pemakaian istilah 'sistem' pada beberapa bidang. Misalnya: sistem transportasi, sistem pendidikan, Sistem Komputer, sistem organisasi, sistem metabolisme, sistem medis dan lain sebagainya. Semua sistem tersebut memiliki elemen-elemen yang berfungsi sebagai penunjang dalam mencapai suatu tujuan. Mari kita memperhatikan tabel yang berikut ini:

NOSISTEMELEMENTUJUANHASIL
1Sistem transportasi bus Bus
Supir
Trayek
Jalan
Melayani jasa transportasi antar jemput Mengantarkan penumpang sampai tujuan,
dan mendapatkan laba
2 Sistem organisasi OSIS Ketua
Wakil
Bendahara
Sekretaris
Menjadi sarana aktivitas siswa disekolah Kegiatan-kegiatan OSIS
3 Sistem komputer Komputer
Perangkat lunak
Manusia
Membantu mengolah data Hasil cetak atau digital setelah data diolah

Dari tabel di atas, telah dapat dimengerti bahwa: sistem merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen di dalam mencapai suatu tujuan. Dalam TIK, jika salah satu elemen itu di tiadakan, maka tujuan untuk menuju sesuatu tidak akan dapat dicapai.

Sebagai contoh: kita memiliki tujuan mengetik sebuah surat dengan menggunakan komputer. Elemen yang kita miliki misalnya: komputer, naskah yang akan diketik, printer, dan manusia yang akan mengoperasikan-nya. Namun di dalam komputer kita, tidak ada perangkat lunak untuk memproses pengetikan. Tentu saja, tujuan kita untuk mendapatkan printout pengetikan tidak bisa tercapai. Ini artinya, dalam Sistem Komputer tidak dapat mengurangi satu atau beberapa elemen dalam mencapai suatu tujuan-nya.

Teknologi Informasi dan Komunikasi terdiri dari dua aspek, yaitu: teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Masing-masing dari aspek tersebut memiliki pengertian yang berbeda. Pusat kurikulum Diknas, memiliki definisi teknologi informasi sebagai berikut: segala hal yang berkaitan dengan proses penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah: segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu, untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke perangkat lainnya. Penggabungan dari dua aspek di atas menyimpulkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi adalah: suatu padanan yang tidak terpisahkan, yang mengandung pengertian luas, yaitu tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.

Mari kita mengurai pengertian TIK di atas dalam aplikasinya pada sehari-hari. Misal: Kita mendapat tugas dari guru biologi untuk mencari informasi seputar hewan pemakan daging. Guru tersebut meminta laporan dari pelaksanaan tugas kita dengan memuat informasi antara lain: nama-nama binatang pemakan daging, gambar binatang tersebut, dan cara berkembang biaknya. Kemudian, guru biologi itu meminta juga kepada kita untuk mencari informasinya di internet, dan hasilnya berupa printout dan di jilid.

Untuk mengerjakan tugas kita, tentu akan terjadi yang namanya proses. Dan proses yang kita lalui tentu menggunakan media atau alat, yaitu: komputer, jaringan internet, perangkat lunak untuk mencari dan mengelola data, serta alat untuk mencetak hasil akhir sebelum di jilid. Semua ini adalah pengertian dari perpaduan yang saling terkait.

Pada tugas kita tadi terdapat pengelolaan, yaitu: ketika kita mencari informasi di internet, maka akan ada yang kita pilih dan dipilah dari informasi yang kita dapatkan. Kemudian, akan terjadi transfer atau pemindahan, yaitu: dari browser (perangkat lunak membuka website) informasi itu, dan kita memindahkan ke aplikasi pengolah kata, misalnya: OpenOffice Writer.

0 komentar :

Post a Comment

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

 
Copyright © 2011-2014. Artikel teknologi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger