Home » , » Prasasti dan daun lontar

Prasasti dan daun lontar

Written By Anisa indra on Monday, April 04, 2011 | 2:59 PM

Prasasti

Menurut kamus besar bahasa indonesia, prasasti yaitu merupakan piagam yang tertulis pada batu, tembaga, dan sebagainya. Prasasti merupakan sumber sejarah penting untuk mengungkapkan peristiwa-peristiwa masa lalu. Prasasti, adalah merupakan sumber dokumen tertulis yang orisinil, dan pasti terjamin keasliannya sebagai peninggalan pada masa lalu.

Gambar: prasasti
Menurut Matrical Eulogitic Inscription, menurut Ms. Dannel dan Sanskrit Dictionary, bahwa: Prasasti berarti tulisan yang berisi pujian, dan juga merupakan anugerah yang diberikan oleh seorang raja kepada rakyatnya, kemudian berlakunya adalah secara turun temurun.

Istilah tersebut dalam Negara Kertagama dikatakan sebagai: purwa sarirareng prasatyalama tan rinaksaniwo - yang artinya, 'hak-hak istimewa yang sejak dahulu dilindungi oleh prasasti kuno'

Daun lontar

Tulisan pada daun lontar
Selain prasasti, daun lontar juga digunakan sebagai alat komunikasi pada masa lalu. Daun lontar adalah daun dari pohon siwalan yang dikeringkan. Daun lontar dikenal juga sebagai daun pohon Nira. Daun lontar di pakai untuk menulis naskah dan kerajinan.

Naskah dari lontar banyak ditemukan di Sunda, Jawa, Bali, Madura, Lombok, dan Sulawesi Selatan. Sedangkan kerajinan dari lontar digunakan untuk bahan baku atap rumah dan produk utama anyaman serta kipas.


Halaman Terkait:
| Komunikasi menggunakan asap | Kentongan |

0 komentar :

Post a Comment

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

 
Copyright © 2011-2014. Artikel teknologi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger