Home » , » Komputer generasi ke-empat

Komputer generasi ke-empat

Written By Anisa indra on Thursday, April 14, 2011 | 3:11 AM


Pada komputer generasi ke-empat ini (Sejak tahun 1970), para ilmuwan berhasil menyusun chip-chip dalam sebuah sirkuit, dan berhasil pula membuat microprocessor.

Komputer Apple II
Microprocessor pertama adalah Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971, membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil.

Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan sesuatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah microprocessor dapat diproduksi, dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan microprocessor.

Pada generasi ini juga ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan IC ke dalam sebuah Chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian-rangkaian terpadu (integreted circuits). LSI kemudian dikembangakan dalam VLSI (Very Large Scale Integration).

Sejak tahun 1970, dunia komputer mengalami dua perkembangan penting, yaitu:
  • Penggunaan LSI (Large Scale Integration) yang disebut juga sebagai Bipolar Large Scale Integration, serta
  • Menggunakan mikroprosesor dan semi konductor yang berbentuk chip untuk memori komputer
Contohnya, komputer IBM 370 menggunakan Intel 4004 mikroprosesor yang dikembangkan pertama kali pada tahun 1971 oleh perusahaan Intel Corporation dengan menggunakan chip mikroprocessor. Personal computer (PC) mulai berkembang sejak tahun 1977, misalnya: komputer Apple II dan komputer dekstop oleh Xerox Corporation. Pada tahun 1981, komputer mulai banyak menggunakan sistem Window dan mouse.

Halaman Terkait:
| Komputer generasi pertama | Sejarah perkembangan komputer | Komputer generasi kedua (1959 s.d. 1965) | Komputer generasi ketiga (1965 s.d. 1970) | Komputer generasi kelima (komputer masa depan) |

0 komentar :

Post a Comment

Terima kasih, atas saran atau usulan anda.

 
Copyright © 2011-2014. Artikel teknologi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger